Sukses Pengusaha Muslim

Maha suci Allah Yang di Tangan-Nya lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yang menjadikan mati dan hidup , supaya Dia menguji kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.( QS. Al Mulk : 1-2)

Strategi meraih sukses dalam bekerja maupun berbisnis kali ini yang saya ringkas dari Lembar Jum’at Ikadi (Ikatan Dai Indonesia )Kota Kediri Edisi 132/20/3/2009.

1. A d i l.
Adil adalah pilar awal kesuksessan dalam hidup ini. Adil itu bukan sama rata, tetapi menempatkan sesuatu pada tempatnya. Adil berarti tidak ada yang terzalimi. Buruh demo karena merasa diperlakukan tidak adil. Begitu pula pemimpin yang tak adil akan dibenci rakyat atau bawahannya. Rindukanlah keadilan merata di mana-mana , sampai tidak ada hak siapapun yang terzalimi. Bersyukurlah jika tidak ada orang yang terzalimi karena itulah keberuntungan kita . Sebaliknya , kita tidak akan mendapat keberuntungan dengan berbuat zalim karena justru kutukan , laknat, dan ancaman yang akan datang.

2.J u j u r.
Kalau kita jujur , terbuka, dan transparan maka orang tidak akan pernah ada yang tertipu dan menjadi sukar berburuk sangka. Manajemen yang penuh kejujuran maka tidak akan ada kecurigaan satu sama lain , sehingga aktivitas bisnisnya akan lebih bersenergi.

Pedagang yang jujur akan mengundang simpati para pembelinya karena mereka merasa tidak dibohongi. Yang sering terjadi pedagang mengatakan harga pembeliannya belum boleh walaupun sebenarnya sudah untung tapi kurang banyak. Atau mengatakan misalnya tadi sudah ditawar 10.000 tapi belum diberikan, walaupun sebenarnya belum ada yang menawar.
Jujur sekarang semakin langka termasuk di lingkungan pendidikan, karena takut tak lulus Unas melakukan hal-hal yang tak terpuji.Tak heran ada korupsi yang dilakukan secara berjamaah.

3.Profesional
Pelaku bisnis atau siapupun berbuat sesuatu sesuai ilmu atau keahliannya. Orientasinya lebih tinggi daripada adil ingin memberi sigma kepuasan. Kalau adil itu hanya sampai haknya terpenuhi, tetapi kalau iohsan itu melampaui terpenuhinya hak karena mengupayakan orang lain mendapatkan kepuasan. Saat bertemu dengan penjual puas karena keramahannya. Saat transaksi , puas karena kejujurannya. Saat mendapatkan barang puas karena kualitasnya. Biarkan para pembeli merasakan banyak kepuasan , sehingga timbul sigma kepuasan pada para pembeli. Ntrepreneur Muslim sejatitidak hanya memikirkan kepuasan dirinya tetapi juga memikirkan bagaimana sebanyak mungkin orang lain, bukan mengecewakan orang lain.

4. Bisnis yang kreatif dan inovatif.
Yaitu bisnis yang benar-benar menjunjung tinggi kualitas, bisa memberikan solusi dan memiliki orientasi untuk masa depan.
5. Bisnis yang multi manfaat.
Yaitu bisnis yang tidak hanya menguntungkan penjual, tetapi juga bisa menguntungkan banyak orang . Jadi ciri Entreepreneur Muslim sejati yang sedang dinantikan kehadirannya saat ini. Pebisnis yang sangat adil, jujur, profesional, kreatif, dan innovatif. Singkatnya mereka yang bisa memberikan multimanfaat.

Pedagang yang jujur itu kedudukannya akan setara dengan para Nabi dan Rasul di akhirat. Rasulullah adalah seorang yang sangat ihsan. Tidak ada satu pun orang yang bertemu dengan beliau melainkan menemukan banyak kepuasan dari sikap beliau, puas terhadap kejujurannya,senyumannya, tutur katanya, etika dan kesopanannya. Semoga kita bisa bisa meniru suri teladan beliau. Amiin.
Sumber : Strategi Sukses Pengusaha Muslim

Komentar

Postingan Populer