Buat Bisnis Apa Hari Ini ?

Berbisnislah, niscaya kamu akan sehat. Kalimat diatas bukan kata mutiara. Tetapi pengalaman H Iso Rustandi (72), pebisnis gaek yang dimasa mudanya jatuh bangun membangun usahanya.

Di usia 72 tahun, H Iso masih memiliki daya ingat yang kuat, stamina, serta ketahanan fisik yang membanggakan.

Kepada majalah WK ia mengungkapkan resepnya. “Berbisnislah,” katanya. Dengan berbisnis, ujar H Iso, pikiran menjadi lebih segar, dan aktifitas fisik dengan sendirinya akan berjalan dengan baik.

Berawal dari ungkapan inilah, majalah WK mengajak para pembaca untuk memulai berbisnis. Bisnis apa saja.

Jika hari-hari yang lalu anda belum memiliki persiapan atau ide untuk berbisnis, tetapi usai membaca artikel ini diharapkan ada ide bisnis yang mulai dapat dijalankan.

Untuk memulai bisnis tak tergantung dari usia, tingkat pendidikan, jenis kelamin, atau bahkan dukungan modal. Anda dapat memulainya dari jenis kegiatan bisnis terkecil, dan mencoba menekuninya secara serius.

Melalui kegiatan berbisnis, psikis anda akan terlatih, otot-otot jantung anda akan beradaptasi dengan situasi deg-degan yang setiap hari muncul, serta otak kanan dan otak kiri anda akan bersinergi mencari keseimbangan. Demikian juga otot-otot tubuh akan menyesuaikan dengan kegiatan yang anda lakukan. Prinsipnya, seperti yang dikatakan H Iso, berbisnis akan menjadi seseorang lebih hidup.

Lantas, bisnis apa yang dapat kita creat untuk memulainya? Berikut beberapa segmen bisnis yang dapat anda jalankan untuk memulai berbisnis. Tentu ini bukan anjuran untuk mengikuti bisnis yang sama, tetapi lebih pada sebuah gagasan awal tentang peluang-peluang usaha yang mungkin dapat dijalankan, seperti bisnis makanan dengan membuat usaha semisal

pisang crèmes, ayam goreng, singkong keju, jenis-jenis makanan seperti kebab, batagor, tahu goreng, atau lainnya. atau anda dapat mencari dan membuat ide jenis makanan baru yang belum ada di daerah tersebut.

Anda juga dapat memilih, berjualan dengan gerai kaki lima, atau di kios milik sendiri, atau bahkan menyewa space di depan /halaman supermarket, atau mall-mall yang kini banyak tersedia.

Anda juga dapat membuka bisnis jasa service, seperti service kendaraan bermotor, servis AC, service kompor gas, servis sofa. Bisnis lain bisa juga anda coba, semisal bisnis city courir dan antaran cepat sampai, penyelanggara event, dll.

Di bidang IT, kini semakin banyak jasa yang bisa ditawarkan, mulai dari jasa installing, programming, hingga jasa pekerjaan yang membutuhkan profesionalisme tinggi, seperti menjadi konsultan software, system keamanan kantor, jasa akunting hingga konsultan keuangan. Seorang teknisi AC handal langganan kantor kami, yang memilih menjadi pewirausaha, setiap bulan setidaknya melayani pelanggan, kurang lebih 200 unit AC, dengan ongkos jasa rata-rata Rp40ribu/AC. Jika dihitung, ia sebulan mampu memperoleh penghasilan kotor Rp8juta/bulan, belum dikurangi biaya operasional, dan honor kenek yang membantunya. Pemasukan yang lumayan besar bukan?

Berbisnis menjual produk secara eceran, grosir, atau keagenan juga sangat terbuka lebar. Membuka toko sepatu, membuka toko fashion wanita atau fashion khusus anak-anak, toko asesoris, atau anda memiliki jenis pilihan produk yang akan anda jual?

Barangkali saat ini pemilik toko dapat mengkombinasikan penjualan secara offline maupun secara online, sehingga masyarakat dapat memiliki alternative lebih banyak untuk memutuskan membeli produk di toko anda.

Tentu masih banyak alternative bisnis lain, yang dapat anda pilih salah satu yang tepat bagi bisnis anda.

Berbisnis apa hari ini? Segeralah berbuat, selamat mencoba.
Sumber : Majalah WK

Komentar

Postingan Populer