Tips Mudah Berhaji

Naik haji itu sangat erat berkaitan dengan kekuatan niat, kerinduan dan tekad. Banyak kisah tentang orang yang yang tak mampu secara finansial, tapi Allah mengundangnya ke Baitullah.

Banyak juga di antara kita yang mampu secara finansial , tetapi tidak jua melakukannya. Adalah rahasia Allah menentukan apakah kita layak diundang olehnya atau tidak. Nah tugas kita adalah menguatkan niat , kerinduan dan tekad tersebut agar Allah berkenan mengundang kita . Bagaimana caranya ?
1. Perbanyak Doa kepada Allah SWT
Doa adalah cermin dari keinginan yang kuat .Kita meminta kepada Allah SWT karena Dialah Yang Berwenang untuk mengundang seseorang ke Baitullah. Seberapa banyak keinginan kita pergi haji bisa dilihat dari doa kita , apakah kita pernah atau sering berdoa meminta kepada Allah untuk (pergi haji ) ini atau tidak. Diantara doanya : " Allahumma yassir lanaa ziaarotal haromain "
( Yaa , Allah mudhkanlah kami berziarah  (haji) ke dua tanah haram  (Makkah dan Madinah )
2. Kuasai Manasik Haji
Jika kita sudah maksimal berdoa, mari dorong juga dengan esiapan ilmu tentng haji. Ini tentu saja akan membuktikan kesungguhan doa kita dihadaan Allah . Bukankah kita meminta kepada Alklah agar ketika sekali pergi haji , langsung mendapat haji mabrur ? Nah itu dimulai dari penguasaan ilmu ibadah haji.
3. Buka Tabungan Haji.
Buat yang jauh dari Arab Saudi , pasti biaya haji besar. Wajar jika anda yang punya penghasilan pas-pasan, tidfak bisa langsung punya uang penuh untuk naik haji. Oleh karena itu , kita perlu mencicil dengan membuka tabungan haji . Ini juga sebagia bukti kesunggguhan doa dan tekad kita  ( di hadapan Allah). Jika sudah punya tabungan haji, rutinlah mengisi sedikit demi sedikit . Sehingga pada saatnya nanti Allah mengundang kita, Dia akan menggenapkan tabungan kita dari arah yang ( sering) tidak sisangka-sangka.
4. Perbanyak Silaturrahim
Perbanyak silaturrahim terutama kepada orang yang mau berangkat haji dan pulang dari haji, dalam rangka :
satu ,membuktikan keinginan dan tekad kita ( di hadapan allah SWT) ;
dua , meminta doa dari yang akan pergi haji (terutama mint didoakan ketika berada di tempat-tempat  mustajab doa);
tiga, mendengarkan kisah-kisah perjalanan haji Insya Allah menguatkan tekad kita ;
empat, mengenal medan haji yang sangat menguji fisik.
5. Perbanyak mendengar pengalaman ibadah haji
Ini sangat penting untuk menguatkan tekad kita . Bukankah ada hadits nabi yang mengatakan :
"Kawan pendamping yang sholih ibarat penjual minyak wangi. Bila dia tidak memberimua minyak wangi, kamu akan mencium keharumannya. Sedangkan kawan pendamping yang buruk ibarat tukang pandai besi. Bila kamu tidak terjilat apinya , akmu akan terkena asapanya. ( HR. Bukharai)"
6. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan ibadah
Jika kita dekat dengan Allah , tentu Allah juga dekat dengan kita, dan tidak sungka-sungkan untuk mengabulkan keinginan kita.
Demikian tips-tips untuk menguatkan niat , kerinduan dan tekad tersebut agar Allah berkenan mengundang kita menunaikan ibadah haji. Semoga bermanfaat. Wallahua'lam.
Sumber : Hikmah Lembar Jum'at Ikadi kota Kediri Edisi No. 161 Th. III

Komentar

Unknown mengatakan…
wah terima kasih banyak nih sobat untuk tips mudah berhajinya sobat...

Postingan Populer