Wahai Ahli Hisap Jangan Berlebih-lebihan

Perokok jangan berlebih-lebihan, supaya tidak termasuk golongan pemboros bin mubadzir. Selain itu jangan sampai menjadikan berhala baru , Tuhan Sembilan Senti judul puisi Pak Taufik Ismail. Di Kediri beberapa tempat rutin mengadakan tontonan yang disponsori pabrik rokok mulai Diskotik, cafe, dan juga kalangan Kampus tak mau ketinggalan. Misalnya malam minggu lalu di halaman parkir UNP .
Sedikit data dari status teman di Facebook  Mas Agung Pribadi pagi ini :
Penerimaan cukai rokok sekitar Rp 70 triliun pada tahun 2011, dan tahun 2012 ditargetkan naik menjadi Rp 77 triliun. Jumlah itu jauh lebih kecil dari biaya untuk mengatasi akibat buruk asap rokok. Berdasarkan penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, tahun 2005, turunnya produktivitas korban rokok, konsumsi rokok, biaya pengobatan, rawat jalan menimbulkan kerugian makro ekonomi Rp 245,41 triliun. Saat penelitian itu dilaksanakan, cukai rokok Rp 55,9 triliun.
 

Di Kota Kediri ada pabrik rokok raksasa truk pengangkutnya rata-rata punya ban sepuluh. Setiap hari truk-truknya mengirim rokok ke luar kota. Truk dengan 10 ban memuat rokok setara dengan truk tanki 10 ban yang memuat 16.000 liter bensin.Harga rokok premium sebungkus lebih mahal dari seliter bensin.
Aku tak bisa menghitung dengan pasti sopirnya saja belum tentu tahu jumlah rokok yang diangkutnya. Aku pernah saat jalan-jalan di Ahad pagi berpapasan dengan 5 truk pengangkut rokok. Wah luar biasa aku jadi teringat puisi Pak Taufik Ismail  Tuhan Sembilan Senti.Banner di atas dari maramissetiawan.wordpress.com ,sedang gambar di bawah ini dari Bebas Rokok.

Komentar

Postingan Populer