Semangat Hijrah menuju Kebangkitan dan Kejayaan Islam

“Barangsiapa  yang hari ini lebih baik dari kemarin adalah orang yang beruntung. Bila hari ni sama dengan kemarin berarti orang merugi, dan jika hari ini lebih jelek dari kemarin adalah orang celaka”,  ( Al Hadits)
Guna menyambut – dan bukan memperingati- Tahun Baru 1433 Hijriah , kita harus melakukan muhasabah dan introspeksi diri dengan bertanya , sejauh mana perubahan , peningkatan dan perbaikan Islami telah terjadi dalam diri dan kehidupan kita , baik dalam skala individu , kelompok , jamaah , masyarakat , bangsa , maupun dalam skala umat Islam secara keseluruhan ?
Dua Tindakan Menuju Kebangkitan dan Kejayaan Islam
Setelah hijrah, Nabi Muhammad SAW melakukan dua tindakan yang berdampak luar biasa. Inilah yang menjadi tonggak kebangkitan dan keberhasilan ummat Islam. Kedua tindakan itu adalah:
Pertama : Membuat Program Pembenahan
  • Program pembinaan iman dan taqwa, diawali dengan membangun masjid
  • Program menggalang persatuan dengan mempersaudarakan kaum pendatang (Muhajirin) dari Mekah dengan penduduk asli Madinah, kaum Anshor.
  • Program pembenahan hubungan umat Islam dan non Islam yang dituangkan dalam Piagam Madinah
Kedua : Mengadakan Perubahan
Nabi Muhammad merubah nama Yatsrib menjadi Madinah Al Munawaroh (Kota yang disinari). Program kedua ini nampaknya sepele, tapi inilah justru yang menjadi cara cerdas dalam mempertahankan semangat hijrah.
Mengapa ini menjadi cara cerdas? Ini penjelasannya…
Semangat Hijrah
Islam adalah agama yang mengajarkan continuous improvement, hijrah untuk perbaikan yang dilakukan terus menerus. Buktinya, ketika shalat Jumat, khatib mengingatkan untuk selalu meningkatkan taqwa kita kepada Allah.
Menilik hijrah Rasul, beliau membuat dua tindakan cerdas yaitu membuat program pembenahan dan melakukan tindakan perubahan nama (Yatsrib menjadi Madinah). Dengan kedua tindakan tersebut, Islam menjadi jaya dan dapat berkembang ke seluruh dunia.
Karena itu, jika kita ingin berhasil dalam hijrah menuju perbaikan yang terus menerus, hendaknya kita juga mencontoh Nabi SAW yaitu dengan membuat program pembenahan dan perubahan.
Menjelang tahun baru hijriah ini, mari kita sama-sama menulis program hijrah pribadi menuju yang lebih baik. Sekali lagi, tulislah… bila perlu ditempel di ruang pribadi anda, atau simpanlah di laci anda, atau di tas anda. Karena dengan menulis, anda tidak akan lupa.
Ingatlah…mengapa dari tahun ke tahun kita tidak mengalami perbaikan yang berarti, salah satu faktor penyebab utamanya adalah karena kita tidak pernah membuat program atau rencana perbaikan yang jelas. Kalau tidak pernah punya rencana, bagaimana mungkin kita bisa mencapai tujuan?
Sumber : -http://www.akhmadtefur.com/artikel-islami/cara-cerdas-mempertahankan-semangat-hijrah
-Lembar Jum’at Ikadi Kota Kediri Edisi No. 253 29 Dzulhijjah 1432 H
Sumber :

Semangat Hijrah menuju Kebangkitan dan Kejayaan Islam

 

Komentar

Pusat Sandal Sancu mengatakan…
subhanallah....

ayo kunjungi www.watashi-ahmad.blogspot.com sekalian tukar link

Postingan Populer